Perlunya Dealer Mobil Menyelaraskan Ekspektasi yang Lebih Tinggi dari Pembeli Mobil Ramah Lingkungan Low Cost Green Car dengan Layanan Penjualan yang Lebih Memuaskan, Menurut J.D. Power

(583.47 KB)

Share This Page

Mitsubishi Menempati Ranking Teratas di antara Merk Mobil Lainnya

SINGAPURA: 1 Nov. 2017 — Walaupun komposisi signifikan pembeli mobil pertama kali (sebesar 77%) berasal dari segmen low-cost green car (LCGC), hanya sebesar 22% konsumen LCGC yang mendapatkan semua standar proses dalam pengalaman pembelian mereka, dibandingkan dengan pembeli kendaraan non-LCGC (27%). Selain itu, konsumen LCGC memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap agen penjual (dengan angka kepuasan sebesar 818 poin dari nilai skala 1,000) ketika pengalaman mereka ternyata lebih baik dari yang diharapkan, dibandingkan dengan angka 837 pada kelompok non-LCGC, menurut J.D. Power 2017 Indonesia Sales Satisfaction Index (Mass Market) Study,SM yang diterbitkan hari ini. 

Segmen LCGC menguasai 27% pasar otomotif Indonesia di tahun 2017, meningkat dari 22% di 2015. Tingkat kepuasan keseluruhan di antara konsumen di segmen LCGC berada di angka 774 poin, dibanding dengan angka 788 pada segmen kendaraan lainnya. Selain itu, survey membuktikan konsumen LCGC bukan hanya memiliki ekspektasi yang lebih tinggi, namun juga menerima implementasi proses layanan penjualan yang relatif lebih rendah dari dealer mobil dibandingkan dengan konsumen non-LCGC. 

Dibandingkan dengan pemilik mobil di segmen lainnya, sejumlah pemilik LCGC lebih sedikit mendapatkan tawaran layanan dari dealer resmi dalam hal seperti demonstrasi saat tes uji kendaraan (pemilik LCGC 35% dan non-LCGC 42%); penawaran cicilan dari penjual (pemilik LCGC 57% sedangkan non-LCGC 68%); janji berlebihan mengenai waktu pengiriman dari penjual (pemilik LCGC 28%, sementara non-LCGC 23%); dan waktu pengiriman dalam seminggu untuk mobil baru (pemilik LCGC 58% dan non-LCGC 63%).

“Permintaan segmen LCGC menguat di Indonesia dengan  banyaknya peluncuran model-model baru oleh manufaktur mobil . Perlu dipertimbangkan bahwa ada kecenderungan konsumen untuk pindah ke segmen yang lebih tinggi dalam hal kepemilikan kendaraan, sehingga penting bagi para manufaktur mobil dan penjual untuk mengerti profil dan kebutuhan konsumen tersebut dalam memenuhi pengalaman pembelian yang superior,” jelas Kaustav Roy, Direktur J.D. Power. “Para manufaktur mobil dan penjual yang dapat memberikan fokus lebih kepada konsumen LCGC berkemungkinan mendapatkan referensi dan tingkat pembelian ulang yang lebih tinggi.” 

Berikut adalah beberapa penemuan penting lainnya dari studi: 

  • Penambahan lama waktu untuk pencapaian kesepakatan: Studi ini menemukan bahwa konsumen kini membutuhkan lebih banyak waktu untuk tawar-menawar hingga memutuskan untuk membeli dari penjual resmi: di tahun 2017, 52% konsumen membutuhkan waktu selama sebulan untuk memutuskan, dibandingkan pada tahun 2016 yang sebanyak 61%. Saat pembeli memutuskan membeli dalam kurun waktu sebulan, tingkat kepuasan meningkat sebesar 14 poin.
  • Menurunnya waktu untuk penyelesaian proses penjualan: Kecepatan waktu untuk menyelesaikan proses transaksi penjualan membaik di tahun 2017. Hampir tiga per empat (73%) konsumen mengindikasikan penyelesaian transaksi dalam kurun waktu tujuh hari; meningkat 10% dibandingkan tahun 2016. Ketika proses transaksi selesai dalam tujuh hari, tingkat kepuasan meningkat 8 poin.
  • Berkurangnya waktu untuk pengiriman kendaraan: Waktu pengiriman kendaraan baru dalam jangka waktu satu minggu setelah pemesanan, meningkat menjadi 61% di 2017 dari 55% di 2016. Tingkat kepuasan konsumen yang menerima kendaraan dalam waktu seminggu meningkat 24 poin lebih tinggi dari pembeli yang menerima kendaraannya lebih dari tujuh hari (797 vs. 773, perbandingan langsung). Sementara itu, 91% pembeli mendapatkan pengiriman kendaraannya ke tempat tinggal mereka; tahun ini sebagian besar dari persentase tersebut mendapatkan kendaraannya diantarkan oleh agen penjual mereka (71% di tahun 2017 vs. 59% di 2016), hingga tingkat kepuasan meningkat 11 poin. 

Ranking Studi

Mitsubishi menempati ranking tertinggi kepuasan penjualan di antara merk umum lainnya di Indonesia, dengan perolehan angka 802. Merk ini menunjukkan performa tertinggi di seluruh faktor dalam pengalaman pembelian. Toyota menempati posisi kedua di angka 789, sementara Daihatsu di urutan ketiga dengan angka 785. 

Tentang Studi

Studi Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) 2017 dirangkum berdasarkan respon dari 2.476 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraannya pada rentang waktu antara bulan September 2016 hingga Juli 2017. Studi dilaksanakan sejak Maret hingga September 2017, mencakup pengukuran tingkat kepuasan konsumen atas penjualan dan pengiriman kendaraan dari penjual resmi di Indonesia. 

Studi yang dilakukan di tahun yang ke-17 ini mengamati enam faktor utama yang menunjang tingkat kepuasan pemilik kendaraan baru dengan pengalaman pembelian. Faktor tersebut meliputi (dari yang terpenting): waktu pengiriman; proses pengiriman, tenaga pemasaran; inisiasi penjualan; fasilitas dealer; dan transaksi. Tingkat kepuasan diukur berdasarkan skala 1,000 poin dengan angka tinggi menandakan tingkat kepuasan yang lebih tinggi.

Kontak Media Relations

Aisling Carty; J.D. Power; Singapore; 65-6733 8980; aisling.carty@jdpower.com.sg

Geno Effler; J.D. Power; Costa Mesa, California, USA; 001-714-621-6224; media.relations@jdpower.com 

Tentang J.D. Power di Wilayah Asia Pacifik

J.D. Power mempunyai kantor perwakilan di Singapura, Bangkok, Kuala Lumpur, Beijing, Shanghai dan Tokyo yang mengadakan penelitian tingkat kepuasan konsumen dan memberikan layanan konsultasi di bidang otomotif, teknologi informasi, dan keuangan di Asia Pasifik. Bersama-sama, keenam kantor perwakilan ini menerjemahkan kepuasan pelanggan kepada kalangan konsumen dan bisnis di Australia, Cina, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand dan Vietnam. J.D. Power adalah perusahaan portofolio dari XIO Group, perusahaan global investasi alternatif dan perusahaan equitas swasta yang berkantor pusat di London dan dipimpin oleh empat pendirinya: Athene Li, Joseph Pacini, Murphy Qiao dan Carsten Geyer. Informasi lebih lanjut tentang J.D. Power dan produk-produknya dapat diakses di asean-oceania.jdpower.com

Tentang J.D. Power dan Iklan/Peraturan Promosi www.jdpower.com/about-us/press-release-info

 

Media Contacts

Singapore
65-3165-0119
Costa Mesa, California
(714) 621-6224